Perbedaan Virtual Office Jakarta Pusat Vs Serviced Office

Virtual office Jakarta pusat sedang populer setidaknya dua tahun terakhir. Cukup banyak bisnis, terutama bisnis berskala kecil menengah seperti start-up yang menggunakan layanan ini. Namun, beberapa orang mengira virtual office sama dengan serviced office. Padahal keduanya berbeda, dan berikut perbedaannya.

Wujud Kantor

Perbedaan terbesar antara virtual office dan serviced office terletak pada wujud ruang kerjanya. Serviced office memiliki ruang kerja fisik siap pakai, sedangkan virtual office tidak memiliki ruang kerja fisik. Virtual office hanya memiliki alamat kantor. Dua-duanya bermanfaat bagi bisnis yang tidak ingin repot-repot memelihara kantor mereka sendiri, karena akan dikelola oleh pihak penyedia kantor.

Lokasi

Perbedaan kedua terletak pada lokasinya. Karena memiliki bangunan fisik sebagai kantor, serviced office membatasi lokasi kerja karyawan sesuai dengan tempat di mana serviced office tersebut berada. Artinya, Anda harus mendatangi lokasi serviced office tersebut untuk bekerja. Di sisi lain, karena berkonsep virtual, kantor virtual pun tidak membatasi lokasi kerja.

Anda dapat bekerja di mana saja asalkan terhubung ke internet dengan baik. Sehingga, bekerja dengan virtual office dapat menghemat biaya transportasi.

Fasilitas

Serviced office menyediakan fasilitas ruang kerja pada umumnya, seperti meja, kursi, komputer, mesin fax, printer, ruang rapat, scanner, koneksi internet, dan lain sebagainya. Semua fasilitas ini disediakan oleh penyedia serviced office sehingga Anda hanya tinggal memakainya. Namun, untuk beberapa fasilitas seperti ruang rapat perlu menyewa lagi atau bergantian dengan perusahaan lainnya yang juga menggunakan layanan serviced office tersebut.

Sedangkan virtual office tidak menyediakan fasilitas fisik seperti printer, meja, dan kursi kerja. Kantor virtual hanya menyediakan alamat kantor resmi, nomor telepon kantor, resepsionis, dan sejenisnya. Namun, menggunakan salah satu di antara keduanya tidak akan membuat Anda dipusingkan oleh biaya administrasi dan utilitas bulanan.

Biaya

Perbedaan selanjutnya antara serviced office dan virtual office adalah biayanya. Virtual office umumnya mengenakan biaya yang lebih terjangkau daripada biaya serviced office. Hal ini karena Anda hanya perlu membayar layanan yang dibutuhkan saja tanpa harus membayar sewa ruang fisik secara penuh. Selain itu, virtual office tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya transportasi.

Virtual office juga tersedia dalam paket-paket seperti bulanan atau tahunan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Di sisi lain, serviced office cenderung lebih mahal karena Anda harus menyewa ruang kerja fisik. Anda juga perlu mematuhi kebijakan yang telah dibuat oleh penyedia serviced office, seperti jam kerja.

Seperti yang bisa dilihat, virtual office dan serviced office memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu tadi adalah beberapa perbedaan antara serviced office dan virtual office Jakarta pusat. Mana yang Anda pilih untuk kebutuhan bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published.