5 Faktor Penentu Suku Bunga Deposito

Menyimpan uang di bank menjadi hal yang sangat lumrah saat ini. Suku bunga deposito menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan orang saat memutuskan untuk menyimpan uang di bank. Dengan suku bunga deposito yang tinggi, maka nasabah akan mendapatkan untung dari simpanannya di bank, begitu pula sebaliknya.

Suku Bunga Deposito Adalah

Suku bunga deposito adalah sejumlah bunga yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang telah menyimpan uang di bank tersebut sebagai imbalan atas simpanannya. Tingkat suku deposito dipengaruhi oleh beberapa faktor. Biasanya suku bunga deposito yang berlaku adalah antara 3% dan 6%, semua bergantung pada jangka waktu deposito itu sendiri. 

5 Faktor Naik Turunnya Suku Bunga Deposito Hari Ini

Sebuah bank tidak diperkenankan asal dalam menentukan suku bunga karena hal ini akan menimbulkan kerugian. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi naik turunnya suku bunga. 

1. Kebutuhan dana

Saat bank menghadapi situasi kekurangan dana dan permohonan pinjaman mengalami peningkatan, maka bank akan menaikkan suku bunga untuk menarik nasabah menabung di bank mereka. Hal ini berguna untuk menutupi kekurangan dana dari bank tersebut.

Begitu pula sebaliknya, bila pinjaman rendah dan bank memiliki kelebihan dana, maka bank akan menurunkan suku bunga, guna untuk mengurangi minat nasabah menyimpan uangnya di bank tersebut.

2. Persaingan antar Bank

Persaingan antar bank juga menjadi penentu naik turunnya suku bunga. Bank yang menawarkan suku bunga yang lebih tinggi tentu lebih menarik minat nasabah untuk menabung di bank tersebut.

3. Kebijakan pemerintah

Dalam kondisi tertentu, pemerintah bisa menetapkan batas maksimal dan batas minimal suku bunga. Dengan adanya ketentuan dari pemerintah, bank tidak dapat menentukan nilai suku bunga melebihi batas yang telah ditentukan oleh pemerintah.

4. Profit yang ingin didapatkan

Seberapa keuntungan yang diinginkan oleh bank juga bisa menjadi penentu naik turunnya suku bunga. Saat menginginkan keuntungan yang besar, bank dapat menurunkan suku bunga simpanan atau menaikkan suku bunga pinjaman.

5. Jangka waktu

Faktor terakhir yang menjadi penentu naik turunnya suku bunga adalah jangka waktu. Biasanya semakin lama jangka waktu simpanan maupun pinjaman, nilai suku bunganya semakin tinggi juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.