Wajib Tahu, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Triplek

Salah satu material yang dapat digunakan untuk membangun rumah adalah triplek. Material ini cukup diminati banyak orang. Berbeda dari batu bata atau hebel, material triplek lebih ringan dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengangkat maupun memanfaatkannya. Saat ini banyak supplier triplek yang dapat anda hubungi untuk membantu anda dalam memenuhi kebutuhan triplek anda, seperti supplier triplek Jakarta.

Kelebihan Triplek

Sebelum anda mendatangi supplier triplek untuk mencari triplek, ada baiknya anda mengetahui kelebihan-kelebihan triplek. Berikut ini adalah kelebihan triplek yang wajib anda ketahui :

  1. Triplek mudah dibentuk dan dipasang dimana saja karena memiliki teksture yang ringan, fleksibel, dan dapat dengan mudah didaur ulang.
  2. Triplek cukup kokoh, sehingga dapat digunakan sebagai komponen dalam membangun rumah dan dapat digunakan sebagai material dasar pembuatan perabot dalam rumah.
  3. Permukaan triplek lebih halus dibanding dengan jenis kayu lain karena dibuat dengan ukuran yang tepat dan seragam.
  4. Semua jenis triplek cenderung tahan air, kecuali MDF dan particle board.
  5. Triplek tersedia dalam berbagai jenis ukuran dan ketebalan, sehingga memudahkan anda untuk mengaplikasikan pada rumah anda sesuai dengan kebutuhan.
  6. Ukuran triplek tidaka akan berubah karena tidak memuai ataupun menyusut.
  7. Triplek daapat bertahan di bawah cuaca di Indonesia apabila dipasang dan dirawat dengan baik.

Kekurangan Triplek

Selain mengetahui kelebihan dari triplek, ada baiknya anda juga mengetahui kekurangan dari triplek. Berikut ini adalah kekurangan triplek yang perlu anda ketahui :

  1. Karena membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi saat memasang triplek, proses pengerjaan untuk triplek bisa memakan waktu yang lama.
  2. Tingkat presisi ketebalan triplek kurang bagus ketika sudah bergelombang, sehingga membuatnya tidak kokoh lagi.
  3. Pada jenis triplek yang murah, permukaannya cenderung bergelombang.
  4. Apabila triplek terpapar sinar matahari dan suhu yang ekstrem secara terus menerus, maka ketahanannya akan berkurang.
  5. Triplek kurang tepat bila digunakan sebagai material bangunan outdoor.
  6. Dalam membawa triplek, anda harus berhati-hati karena bisa saja patah.
  7. Dalam pemasangan triplek diperlukan paku yang kuat agar hasil dari penggunaan triplek lebih kuat dan tahan lama.

Itu tadi adalah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari triplek sebelum anda memutuskan menggunakannya untuk bahan bangunan maupun perabot rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.