Simulasi Cicilan Mobil Berdasarkan Harga Mobil

Simulasi cicilan berdasarkan harga mobil adalah salah satu simulasi cicilan mobil yang paling sering digunakan. Ketika menggunakan simulasi seperti ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan isi, seperti :

Harga mobil

Hal pertama yang harus Anda isi adalah harga mobil. Yang artinya, Anda harus mengetahui harga mobil yang ingin dibeli. Teknik seperti ini, paling pas jika Anda ingin mengajukan kredit mobil baru. Hasilnya Anda akan mengetahui besaran uang cicilan yang harus dibayar.

Lama cicilan / tenor

Hal berikutnya yang perlu Anda isi yaitu lama cicilan atau masa tenor. Seperti diketahui bersama, lama cicilan sendiri cukup beragam, mulai dari 1 tahun atau 12 bulan, hingga 6 tahun atau 75 bulan. Kali ini, Anda dapat memilih jangka waktu cicilan sesuai dengan kemampuan Anda.

Adapun tenor atau lama cicilan yang paling banyak digunakan oleh konsumen sendiri adalah 3 hingga 5 tahun.

Besaran bunga pinjaman

Untuk besaran bunga pinjaman pada simulasi cicilan mobil, terbilang berbeda beda pada setiap penyelenggara kredit mobil. Jadi dalam hal ini, Anda perlu mencari tahu, tentang besaran nilai bunga yang diberikan oleh penyedia jasa kredit tersebut. Tapi yang pasti, besaran nilai bunga yang ditawarkan kurang dari 10% per tahun.

Namun ada juga yang menyediakan suku bunga kredit, berdasarkan lama atau tidaknya tenor dan uang DP yang akan Anda bayar. Jika demikian, maka semakin pendek tenor dan semakin kecil uang DP yang dibayar, yang Anda gunakan. Maka suku bunga yang akan dibayar semakin kecil. Sebaliknya semakin lama tenor dan semakin besar uang DP yang dibayar, maka semakin besar pula suku bunga yang harus Anda bayar.

Besaran uang muka / DP

Umumnya pada simulasi pinjaman kredit mobil, menggunakan kalkulator, besaran uang DP akan menggunakan perhitungan persen. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, semakin besar uang DP yang Anda bayar, hal tersebut membuat cicilan yang harus dibayar kelak, jadi agak kecil. 

Sedangkan ketika DP yang akan dibayar terbilang kecil, maka uang cicilan yang akan Anda bayar kelak, cukup besar.

Jenis bunga yang digunakan  

Dalam hal ini ada 2 jenis bunga yang biasanya digunakan dalam kredit mobil, yaitu jenis bunga flat, dimana dari awal hingga cicilan berakhir, suku bunga yang ditawarkan terbilang tetap. Sedangkan yang kedua adalah floating, dimana nilai besaran bunga yang harus dibayar akan disesuaikan dengan nilai besaran bunga yang berlaku pada saat itu.

Demikianlah teknik simulasi cicilan mobil, jika dilihat berdasarkan harga mobil. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan simulasi kredit mobil berdasarkan budget, tentunya berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.