Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Atap Longspan

Rumah adalah tempat yang nyaman yang menjadi tempat untuk pulang, untuk beristirahat, untuk mencari ketenangan dari segala macam aktivitas yang menyibukkan Anda setiap harinya. Maka dari itu rumah harus dirancang dengan sebaik mungkin agar bisa menjadikannya tempat yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuninya. Saat ini untuk memperindah rumah maka ada banyak material yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah atap longspan atau atap spandek.  Harga dan ukuran atap longspan perlu dipertimbangkan. Simak kelebihan dan kekurangannya berikut.

Kelebihan Dari Atap Longspan

Atap spandek atau atap longspan ini adalah atap yang terbuat dari campuran bahan seng dan aluminium. Terdiri dari bentuk kotak-kotak yang simetris membuat tampilan dari atap ini menjadi nampak lebih modern. Oleh karenanya banyak perumahan minimalis yang menggunakan atap longspan pada bagian atapnya. Industri-industri seperti pabrik juga banyak yang menggunakannya karena kekuatannya. Harga dan ukuran atap longspan juga bervariasi.  Ada beberapa kelebihan dari atap ini.

Pertama, atap ini mudah sekali dalam hal pemasangannya, sehingga Anda tidak membutuhkan teknik atau kemampuan khusus untuk bisa memasangnya. 

Kedua, bentuk dari atap longspan ini membuatnya lebih tahan terhadap terpaan angin kencang, maka dari itu tidak akan mudah goyah apalagi sampai ambruk dan jatuh. Jika Anda berada di daerah yang rawan angin kencang seperti di lepas pantai, maka penggunaan atap longspan akan sangat cocok untuk Anda gunakan pada bangunan Anda.

Ketiga, karena bahan dasar atap longspan ini adalah aluminium maka daya tahannya sangatlah bisa diandalkan. Bahkan disebutkan bahwa atap longspan ini bisa digunakan hingga 50 tahun lamanya. 

Keempat, kelebihannya ini sangatlah cocok untuk kita yang berdomisili di Indonesia yang berada di daerah tropis. Sebab atap longspan ini permukaannya mampu memantulkan suhu panas yang diterimanya dari sinar matahari, sehingga dengan demikian bagian dalam bangunan bisa lebih terasa adem, terlepas dari cuaca di luar rumah yang terasa terik.

Kelima, kelebihan yang menarik dari atap longspan ini adalah karena atap longspan ini bisa didaur ulang ketika masa penggunaannya sudah selesai dan harus diganti. Maka dari itu kelebihan ini menjadikan atap longspan sebagai atap yang ramah lingkungan. Tentunya ini bisa menjadi dampak yang sangat baik bagi lingkungan, dimana ketika atap tersebut sudah tidak digunakan lagi maka bekas atap tersebut tidak menjadi sampah yang menumpuk.

Kekurangan Dari Atap Longspan

Kekurangan terbesar dari atap longspan ini adalah karena atap ini menimbulkan suara yang berisik ketika turun hujan, maka ketika ada hujan deras di daerah Anda, suaranya akan sangat mengganggu. Namun untuk mengatasi hal tersebut, untungnya sudah ada teknologi insulasi yang bisa digunakan untuk meredam kebisingan yang terjadi. Kemudian kekurangan lainnya adalah adanya batas waktu dimana warna dari atap longspan bisa memudar seiring berjalannya waktu. Maka tentunya jika warnanya sudah pudar, penampilannya menjadi tidak bagus lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.