Ingin Astoria Machine Espresso Tahan Lama? Ini Tips Merawatnya

Memiliki Astoria machine espresso di rumah tentu membuat Anda harus meluangkan waktu untuk merawatnya. Meski tergolong mesin kopi mahal dengan fitur terbaik, jika tidak dilakukan perawatan secara teratur sesuai fungsi dan jenisnya, pasti akan membuat alat pembuat kopi ini menjadi mudah rusak. 

Jenis-jenis Mesin Kopi Astoria 

Sebelum mengetahui cara merawatnya, Anda perlu mengetahui beberapa jenis mesin kopi astoria berikut ini:

  1. Mesin Kopi Tanya

Mesin kopi varian ini bekerja dengan sistem semi otomatis dan memiliki desain yang sederhana. Mesin kopi Tanya memiliki fitur water boiler dengan tipe heat exchanger yang memungkinkan air panas tersalurkan ke tempat lain tanpa harus mengganggu kinerja komponen lainnya. 

Mesin kopi ini biasanya digunakan di kantor, kafe hingga rumah pribadi. 

  1. Mesin Kopi Greta

Mesin Kopi Greta termasuk pada mesin kopi manual yang terbuat dari material besi dan plastik food grade. Ukurannya yang tidak terlalu besar maupun kecil membuat mesin kopi greta semakin diminati meskipun menggunakan sistem analog. 

  1. Mesin Kopi Storm

Mesin Kopi Storm merupakan produk mesin kopi Astoria paling canggih karena dapat bekerja secara otomatis, Dengan keunggulan tersebut, mesin kopi ini banyak digunakan di kedai kopi modern sehingga barista dapat mengerjakan pesanan kopi lebih cepat dan mudah, mulai dari proses brewing hingga pembuihan susu

Hanya perlu melakukan beberapa tekanan tombol saja barista bisa menyajikan kopi dengan rasa yang konsisten dan dapat memuaskan para konsumen. 

Astoria Storm memiliki ukuran yang cukup besar sehingga membutuhkan space yang lebih luas jika dibandingkan dengan dua jenis mesin kopi sebelumnya. 

Cara Merawat Mesin Kopi Espresso Astoria

Inilah cara merawat Astoria machine espresso yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Jangan Menggunakan Bahan Kimia

Sebisa mungkin janganlah membersihkan mesin kopi espresso menggunakan bahan kimia karena hal itu dapat berpengaruh terhadap rasa kopi jika bahan kimia yang Anda gunakan mengendap di dalam mesin. Apalagi jika bahan kimia tersebut berbahaya bagi tubuh, 

  1. Menggunakan Lap atau Sikat Berbahan Halus

Saat membersihkan alat pembuat kopi Astoria, Anda sebaiknya menggunakan sikat atau lap yang memiliki bahan halus untuk melindungi permukaan mesin kopi. 

  1. Hindari Pemakaian Air Panas

Hindarilah pemakaian air panas ketika membersihkannya, karena ada komponen-komponen mesin kopi yang terbuat dari porselen atau kaca yang mudah pecah jika terkena air yang terlalu panas. 

  1. Rutin Mengecek Kebersihan Tangki

Tangki air merupakan komponen utama dalam mesin espresso sehingga Anda harus melakukan pengecekaan kebersihan tangki secara berkala agar air yang digunakan tidak merubah cita rasa kopi yang dibuat.

Demikianlah cara merawat astoria machine espresso agar awet dan tahan lama. Anda juga harus mengikuti instruksinya dengan benar untuk meminimalisir kesalahan saat akan menggunakannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.