Les A Level di Indonesia

Kuliah ke luar negeri pastinya selalu menjadi impian bagi banyak orang, apalagi ilmu yang didapatkan di sekolah bertaraf internasional juga berbeda dan lebih unggul dibanding sekolah nasional karena biasanya mempunyai kurikulum dan silabus yang berbeda. Salah satu syarat untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri adalah lulus ujian A level, karena pelajaran A level di Indonesia ini masih belum ada maka calon siswa harus mengikuti les A level sebagai persiapan mengikuti ujian.

Sekilas Tentang A Level

A level atau merupakan kepanjangan dari Advanced level adalah program pra-university yang populer di sekolah menengah atas yang ada di Inggris dan sudah diakui dunia sebagai salah satu kurikulum yang harus ada sebelum melanjutkan ke universitas. Program A level berlangsung selama 2 tahun dalam 6 periode akademik dan termasuk dalam kualifikasi sekolah menengah di Inggris yang wajib dilakukan dan dibutuhkan oleh siswa yang akan melanjutkan kuliah.

Jika belum mengikuti ujian A level maka siswa tersebut dikatakan belum memenuhi syarat untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Bahkan jika ingin masuk ke perguruan tinggi sekelas Harvard ada nilai A level tertentu yang ditentukan untuk bisa lolos tahap seleksi. Di Indonesia sendiri ada yang sudah menyediakan jasa les bagi calon siswa yang ingin bersekolah di luar negeri.

Syarat Pendaftaran A Level

Untuk mendaftar program A level ada syarat usia yaitu hanya pada tahap persiapannya di umur 14 hingga 18 tahun dan ujian atau pelaksanaan A levelnya pada umur 16 hingga 19 tahun saja. Diatas umur tersebut maka biasanya sudah tidak bisa melakukan program A level. Ada juga persyaratan akademik untuk melakukan program A level yaitu minimal kelas 8 untuk persiapannya dan memulai program hingga ujian setelah menyelesaikan kelas 10.

Selain itu siswa yang ingin mengikuti program A level juga diharapkan sudah fasih berbahasa Inggris yang juga merupakan syarat utama jika siswa ingin bersekolah di luar negeri. Ketika mengikuti program A level siwa juga harus sudah memiliki nilai IELTS 5,5 minimal pada tes bahasa Inggris  EF.

Karena membutuhkan banyak persiapan apalagi di Indonesia sendiri tidak ada kebijakan mengenai penambahan kurikulum atau silabus A level maka sebaiknya bagi para siswa yang ingin bersekolah di luar negeri untuk mengambil les A level sebagai persiapan mengikuti ujian. Apalagi A level merupakan syarat wajib bagi calon mahasiswa di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.