Kenali Fungsi Kipas Blower Pada Convection Oven Gas Dan Cara Pemasangannya

Convection oven gas dikenal sebagai oven gas yang dilengkapi dengan kipas blower. Kehadiran kipas blower dalam oven tersebut tentunya bukan tanpa alasan jelas, tetapi bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dan memberikan hasil panggangan terbaik. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simaklah uraian berikut :

Kenali fungsi kipas blower pada oven gas

Banyak orang yang bertanya apa fungsi kipas blower dalam oven gas? Hal tersebut tentunya berkaitan dengan pencegahan penularan panas yang tidak merata. Karena pada oven gas yang tidak disertai dengan kipas, umumnya panas yang dihasilkan hanya berada di tempat tertentu saja sehingga adonan yang dibakar pun tidak terpanggang secara sempurna

Hal tersebut tentunya berbeda dengan penggunaan convection oven gas, karena oven yang satu ini telah dilengkapi dengan kipas blower. Sehingga suhu panas yang dihasilkan di dalam oven pun dapat tersebar dengan lebih merata. Dalam hal ini, suhu panas tersebut akan menekan masuk ke bagian dalam adonan kue, sehingga kue yang dihasilkan jauh lebih kering, dan renyah

Tidak hanya itu, dengan panas yang lebih merata, adonan yang dipanggang pun akan lebih cepat matang. Sehingga produksi kue dilakukan dalam waktu cepat, bahkan untuk jumlah banyak sekali pun. Tidak heran jika kemudian oven gas ini lebih diminati oleh para pengusaha kue.

Cara penggunaan convection oven gas

Untuk cara penggunaan oven gas yang satu ini terbilang mudah, pasalnya anda hanya perlu menyalakan mesin oven, kipas dan kemudian mengatur suhu yang sesuai dengan adonan yang anda buat. Akan tetapi untuk proses pemasangannya sendiri dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1.       Sambungkan bagian dari regulator gas pada tabung gas yang telah disediakan
  2.       Sambungkan pula colokan listrik dari oven gas tersebut pada stop kontak
  3.       Nyalakan oven sesuai arahan, seperti memutar knop power yang searah dengan jarum jam
  4.       Nyalakan bagian kipas blower dengan cara yang sama
  5.       Kemudian atur suhu sesuai dengan adonan yang ingin dipanggang
  6.       Masukkan loyang yang sudah berisi adonan ke dalam oven
  7.       Lakukan pengaturan waktu atau timer hingga adonan matang sempurna.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai cara pemasangan convection oven gas dan fungsi kipas blower di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.