Ini Bedanya! Kenali Perbedaan Gelato Machine dengan Mesin Es Krim

Es krim menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia, apalagi bagi Anda kaum milenial atau generasi masa kini kekinian. Bahkan seiring dengan perkembangan dunia kuliner yang semakin kreatif, kini cita rasa es krim bervariasi dan semakin unik. Kini muncul alat baru untuk membuat es krim gelato yaitu mesin gelato.

Apa Itu Gelato?

Gelato adalah es krim yang berasal dari Italia yang terbuat dari bahan utama, seperti susu, krim, dan gula. Adapun gelato bisa ditambahkan variasi rasa yang bermacam-macam, mulai dari buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya.

Proses pembuatan es krim gelato membutuhkan lebih banyak susu dibanding krim, serta lebih sedikit kuning telur. Adapun untuk krim perlu dimasak dan mengandung lemak minimal 10 persen. Tak hanya itu, gelato dianggap memiliki dampak buruk bagi kesehatan yang lebih minim dibandingkan dengan es krim biasa.

Gelato tentu berbeda dengan es krim, gelato biasanya berukuran 3,5 oz yang mengandung 4-8%, berbeda dengan es krim yang mengandung 14% lemak. Tak hanya itu kandungan gula yang dimiliki gelato lebih rendah dengan rata-rata 16-22% dibandingkan dengan 21% untuk es krim.

Perbedaan Gelato Machine dengan Mesin Es Krim

Secara umum mesin gelato dibuat khusus untuk membuat adonan jenis gelato yang mirip dengan mesin hard es krim. Bedanya hanya penggunaan bahan gelato yang lebih lembut dibandingkan dengan es krim. Sedangkan mesin es krim punya banyak varian yang dibedakan dari output produk yang dihasilkan. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan keduanya:

  1. Perbedaan mesin

Mesin gelato memiliki hopper yang pengaduknya lebih cepat dibandingkan dengan pengaduk es krim, sedangkan mesin es krim memiliki hopper yang dilengkapi valve di sisi depan jika hendak menyajikan es krim dengan cone.

  1. Perbedaan suhu atau pembekuan

Mesin gelato membutuhkan suhu minus 10 derajat celcius sehingga lebih cepat basi dibandingkan dengan es krim yang perlu suhu hingga minus 20 derajat celcius. Nah inilah yang membuat rasa es krim lebih tajam dibandingkan gelato, bahkan lidah atau gigi Anda tidak akan kaget seperti saat mencicipi es krim.

  1. Perbedaan volume udara

Best gelato machine mampu mengaduk lebih lambat dibandingkan dengan mesin es krim, sehingga campuran yang dihasilkan lebih padat. Mesin es krim perlu mengaduk lebih kuat dan cepat, sehingga terjadi peningkatan volume lewat udara yang muncul saat pengadukan. Bahkan bisa bertambah hingga 90% yang akan membuat tekstur es krim lebih halus dan lembut.

Itulah beberapa perbedaan gelato machine dengan mesin es krim yang wajib Anda ketahui. Dengan memahami penjelasan diatas, pastikan Anda tidak keliru lagi membedakan kedua mesin tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.