4 Jenis Genteng Unik Beserta Perawatannya

Genteng ringan dan kuat pastinya dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan pada sebuah bangunan. Pemilihannya pun harus tepat, mengingat adanya musim panas dan hujan di Indonesia.

Selain demi kenyamanan serta perlindungan penghuni bangunan, genteng juga berfungsi sebagai penambah estetika karena bahan yang digunakannya. Yuk, simak genteng yang ada di pasaran dan perawatannya.

Jenis Genteng yang Unik

1. Asbes

Genteng berbahan asbes ini terdengar unik dan banyak digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Genteng asbes banyak dipilih karena ringan, murah, dan pemasangannya pun begitu mudah.

Akan tetapi, kekurangan genteng ini cukup banyak misal mudah lepas, pecah, serta tidak tahan panas. Penggunaan genteng asbes dapat membuat ruangan terasa makin panas.

2. Beton

Selanjutnya ada genteng dari beton. Genteng ini juga bagus, tahan terhadap segala kondisi cuaca. Semakin menarik sebab perawatan gentengnya sangat mudah, juga tahan lama.

Genteng beton ini terkenal sebagai genteng ringan dan kuat dan tidak mudah bocor.

3. Kaca

Bagi Anda yang mencari genteng unik untuk makin mempercantik bangunan bisa mencoba menggunakan genteng kaca. Genteng satu ini banyak digunakan pada restoran, hotel, bahkan hunian pribadi.

Kelebihan dari genteng ini karena penghuninya dapat disuguhi pemandangan langit, juga jadi lebih irit penggunaan listrik sebab memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan.

Kekurangannya adalah perawatannya perlu ekstra supaya tak ada kotoran menempel, serta tak tahan panas.

4. Sirap Kayu Ulin

Jenis ini cocok untuk hunian atau bangunan yang mengusung konsep jaman dulu. Warna coklat dan serat kayunya yang alami dapat menonjolkan kesan bangunan homey.

Cara Perawatan Genteng

  • Bersihkan dari Kotoran

Pertama, genteng biasanya dipenuhi kotoran seperti lumut, daun kering, plastik bahkan kotoran hewan. Kondisi kotornya genteng bisa membuat resiko kerusakan tinggi. Setidaknya satu bulan sekali lakukan pembersihan genteng agar awet.

  • Hindari Ranting Pohon

Ranting pohon bisa menyebabkan genteng pecah dan ini juga bisa membahayakan penghuni bangunan. Jadi, apabila ada ranting yang mulai mendekati genteng rumah lebih baik dipotong.

  • Mengganti Genteng

Penyebab kebocoran salah satunya karena genteng yang sudah pecah atau rusak. Maka dari itu, jika ada genteng yang sudah rusak sebisa mungkin langsung diganti.

  • Beri Pelapis Anti Bocor

Demi memperkuat bagian luar genteng dari kerusakan dan kebocoran, Anda dapat melapisinya dengan cat anti bocor. Cat ini ampuh meminimalisir kerusakan genteng.

  • Memperbaiki Posisi Genteng

Tak jarang lama kelamaan bisa melorot atau bergeser karena hewan. Hal ini tentu dapat menyebabkan kebocoran saat musim hujan tiba. Ketika Anda sadar ada genteng yang bergeser, segeralah perbaiki posisinya.

  • Mengecat Ulang

Kondisi genteng bisa memudar dari waktu ke waktu, Anda perlu mengecatnya kembali atau memberi lapisan cat anti bocor untuk melindungi material luar genteng serta estetika rumah.

Demikian jenis genteng unik, serta cara perawatan genteng ringan dan kuat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.