Cara Membuat Cetak Kalender yang Tepat 2022

Setiap orang, bahkan perusahaan membutuhkan kalender. Karenanya, peran kalender sangat penting agar Anda bisa menentukan perencanaan untuk beraktivitas. Alih-alih membeli di toko, Anda juga bisa membuat kalender sendiri di rumah, lho. Caranya cukup mudah dan nantinya Anda tinggal harga cetak kalender saja. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

  1. Tentukan Tampilan Tanggal

Saat mencetak kalender, Anda harus menentukan tampilan tanggal yang nanti diterapkan pada kalender. Apakah untuk tampilan kalender harian, satu bulan, dua bulan dan lainnya.

Jika jadwal Anda cukup padat setiap hari atau per pekannya, Anda bisa membuat cetak kalender dengan tampilan tanggal harian, atau satu bulan sehingga jadwal Anda bisa lebih fokus.

  1. Menyesuaikan Hari Awal Pekan

Mungkin terkesan sepele. Namun, Anda perlu memperhatikan apakah Anda terbiasa dengan mindset mengawali pekan di hari Minggu atau Senin. 

Jika Anda terbiasa dengan awal pekan hari Minggu, tapi kalender yang akan dicetak menampilkan awal pekan hari Senin nantinya akan membingungkan. 

Bahkan saat sedang terburu-buru, akan sangat mungkin keliru melihat tanggal janjian. Untuk itu, pastikan untuk menyesuaikan hari awal pekan saat mencetak kalender.

  1. Membuat Ruang Cukup Untuk Catatan

Bukan hanya sebagai pengingat tanggal, kalender juga berguna untuk perencanaan. Karenanya, Anda harus membuat ruang kosong di setiap tanggal untuk menulis catatan atau keterangan pada tanggal yang ditandai.

Umumnya, kalender dicetak dengan material kertas yang dilaminasi, sehingga akan sulit ditulisi. Maka Anda perlu memikirkan bahan apa yang pas agar dapat ditulisi, atau bisa juga memberi tambahan fitur memo.

  1. Membuat Desain Menarik

Desain sangat penting dari setiap produk. Karena itu, buatlah desain yang cocok dengan citra Anda atau tema yang sudah ditentukan.

Kalender yang menarik, akan lebih menyenangkan untuk dilihat terus. Apalagi, jika tujuan Anda harga cetak kalender untuk dibagikan sebagai souvenir promosi.  

Namun, Anda perlu hati-hati dalam menentukan desain, sehingga tidak mengurangi imaje Anda dan perusahaan di pandangan kolega. Jika tidak memiliki kemampuan desain, bisa juga menyewa jasa desain, tapi harus menambahkan sejumlah anggaran.

  1. Sesuaikan Ukuran

Menyesuaikan ukuran kalender yang pas untuk dicetak sangat penting. Hal ini guna mendukung kesesuain desain layout, ukuran kalender dan menentukan desain kalender Anda fungsional atau tidak saat dicetak.

Misalnya, untuk mencetak kalender poster, Anda harus mengetahui ukuran poster yang tepat. Maka, kalender Anda akan terlihat menarik dan tidak memakan banyak tempat, atau terlalu minimalis sehingga kurang jelas dipandang.

Hal yang sama untuk membuat kalender meja. Anda perlu menyesuaikan ukuran yang pas dengan kebutuhan dan desain layout kalender Anda. 

Itulah cara membuat harga cetak kalender yang bisa diterapkan saat ingin membuat kalender untuk pribadi maupun perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.