Inilah 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Simulasi Cicilan Mobil Bekas

Bagi beberapa orang, mobil menjadi sarana transportasi yang cukup penting. Tapi tenang, Anda masih bisa membeli mobil secara kredit dan tidak perlu yang masih baru, bisa membeli mobil bekas. Anda perlu melakukan simulasi cicilan mobil sebelum itu. Namun untuk memilikinya diperlukan dana yang tidak sedikit. Apa saja yang perlu Ada siapkan sebelum mengajukan kredit mobil? Berikut ini penjelasannya.

Mobil Bekas

Jangan salah, meskipun mobil yang dibeli tidak baru, bukan berarti performanya berkurang. Ada banyak mobil bekas yang masih bagus dari segi penampilan, performa, mesin dan lainnya. Anda hanya perlu datang ke dealer mobil bekas dan pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Simulasi Cicilan Mobil Bekas

Sebelum Anda mengajukan kredit mobil pada bank atau leasing, pastikan Anda sudah tahu biaya apa saja yang perlu disiapkan, sehingga Anda bisa memprediksi jumlah total dana yang perlu Anda keluarkan, beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah,

  1. Harga mobil

Harga mobil terdiri dari dua jenis, yang pertama on the road (OTR) yakni harga beli mobil beserta pajak kendaraan dan dokumen-dokumennya (STNK, BPKB). Kedua harga off the road yakni harga beli mobil saja, belum termasuk dokumennya. Jadi, untuk mengurus pajak kendaraan dan dokumennya Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan.

  1. Besaran uang muka

Uang muka atau DP adalah biaya yang Anda bayarkan di awal pembelian mobil, besaran biayanya sekitar 25-30% dari harga mobil. Namun, Anda juga bisa membayarkannya di atas persentase tersebut agar cicilan per bulannya semakin ringan.

  1. Durasi cicilan atau tenor

Tenor adalah jangka waktu pelunasan cicilan, bisa dalam bulan atau tahun. Semakin panjang tenor, cicilannya semakin ringan, tetapi total dana yang perlu Anda keluarkan sampai mobil tersebut lunas, akan semakin besar.

  1. Nominal pokok kredit

Jumlah pokok kredit adalah sisa hutang yang perlu Anda bayarkan, tetapi belum termasuk bunga cicilan. Besaran biayanya didapatkan dari harga beli mobil dikurangi uang muka.

  1. Bunga per tahun

Cicilan mobil yang perlu Anda bayarkan juga dipengaruhi oleh besaran bunga, jika tenor cicilan yang Anda ambil lebih panjang, maka persentase bunga per tahunnya akan semakin tinggi.

  1. Biaya provisi kredit mobil

Biasanya biaya provisi kredit mobil yang dikenakan oleh pihak bank atau leasing yang Anda pilih sekitar 0,5-1% dari plafon kredit. Jika kebetulan Anda membeli mobil saat ada promosi penjualan, bisa saja dikenakan biaya provisi 0%.

  1. Jumlah cicilan

Jumlah cicilan bisa didapatkan dengan cara menjumlahkan pokok kredit dengan tarif bunga, kemudian dibagi dengan jangka waktu cicilan.

  1. Biaya administrasi

Jika Anda membeli mobil menggunakan sistem off the road, maka akan dikenakan biaya administrasi untuk mengurus semua dokumen yang diperlukan, seperti BBN KB, PKB, Penerbitan STNK, dan lainnya.

  1. Biaya premi asuransi (jika ada)

Meskipun membeli mobil secara kredit, Anda tetap bisa mengambil asuransi. Berarti Anda juga perlu membayar biaya premi asuransi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan simulasi cicilan mobil bekas sebelum mengajukan kredit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.