1 KVA Berapa Watt? Ternyata Masih Banyak yang Keliru

1 KVA berapa watt? Pertanyaan satu ini sering kali ditanyakan orang tentunya yang masih awam dengan dunia kelistrikan. Pertanyaan tersebut sering terlontar dalam urusan membandingkan spesifikasi genset dalam KVA dibandingkan dengan beban yang akan di supply. Pertanyaan sama juga sering dilontarkan oleh para konsumen listrik ketika akan membeli peralatan listrik.

Mengenal Tentang KVA

1 KVA merupakan 1000 VA tetapi tidak dapat dikatakan dengan 1000 watt. Hal ini dianggap sebagai sebuah kekeliruan yang perlu diluruskan. Jika berbicara tentang listrik searah (DC) jawaban 1 KVA sama dengan 1000 watt masih dianggap tepat. Akan tetapi, pertanyaan yang sering muncul yaitu mempertanyakan kondisi berdasarkan listrik instalasi pemanfaatan arus bolak balik seperti membandingkan sumber listrik dalam KVA terhadap beban konsumen listrik. 

Coba cermati pengertian K dalam unsur KVA. K merupakan singkatan dari Kilo yang berarti perlu dikalikan 1000. Dengan kata lain, 1 KVA bisa diartikan dengan 1000 VA. Dalam ilmu kelistrikan, ada 3 macam daya listrik yang sering digambarkan hubungannya sebagai segitiga daya listrik. Umumnya KVA merupakan singkatan dari Kilo Volt Ampere yang biasanya sering digunakan dalam bidang PLN. 

1 KVA berapa watt? Untuk mengetahui kapasitas dalam kw, menghitung KW pada KVA pada kapasitas genset yaitu 0.8. KW atau Kilo Watt merupakan satuan daya nyata, sedangkan KVA sendiri Kilo Volt Ampere atau satuan daya semu. Nilai perbandingannya sendiri sekitar 0,8 dan nilai KVA-nya akan lebih tinggi dari nilai KW. 

Bagaimana KVA Dalam Perhitungan Genset?

KW atau Kilo Watt merupakan output daya keluar yang biasanya dihasilkan dalam generator berdasarkan tenaga kuda dari mesin. Perhitungan genset dengan satuan KVA sekitar 0,8 KW atau setara dengan 800 watt. Coba perhatikan penjelasan yang ada di bawah ini. 

  • Genset dengan 100 KVA biasanya memiliki kapasitas sebesar 80 KW atau setara 80.000 watt. 
  • 100 KW itu sama dengan 125 KVA. Sudah paham dengan konsep KVA dan Watt? Jadi jika ada pertanyaan 1 KVA berapa watt jawabannya yaitu 0,8 kw atau 800 watt. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.