Pebisnis Wajib Tahu! Inilah 4 Tips Penting Memilih Perusahaan OEM Kosmetik Berkualitas

Bagi Anda pebisnis pemula yang belum berpengalaman dalam meracik atau memproduksi kosmetik, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan OEM kosmetik Indonesia. Dengan menggunakan jasa OEM, Anda akan lebih murah dalam pembuatan produk kosmetik yang aman dan berkualitas.

Perkembangan OEM di Indonesia

Industri manufaktur di Indonesia semakin berkembang pesat, bahkan telah memberi kontribusi terhadap ASEAN sebesar 20,27% pada perekonomian dengan skala nasional. Industri manufaktur di Indonesia tentu dimiliki pada berbagai bidang, mulai dari industri logam dasar, tekstil dan garmen, alat transportasi, teknologi dan informasi, hingga kosmetik dan kecantikan.

Tips Memilih Perusahaan OEM Industri Kosmetik

Dengan perkembangan di atas tentu semakin banyak pabrik OEM kosmetik yang telah berkembang dan masing-masing keunggulan tersendiri. Nah agar Anda tidak bingung berikut tips memilih perusahaan OEM untuk bisnis kosmetik Anda:

  1. Pastikan perusahaan OEM legal

Hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan tentunya legalitas perusahaan itu sendiri. OEM yang legal biasanya telah memiliki sertifikasi dari lembaga terkait dengan kegiatan operasionalnya.

Selain itu, legalitas perusahaan EOM telah terbukti baik jika memiliki track record yang baik. Biasanya pengguna jasa akan memberikan testimoni yang bisa dilihat di laman website resmi perusahaan masing-masing.

  1. Pastikan produk aman dan berkualitas

Produk kosmetik yang aman perlu dilakukan uji sertifikasi Badan POM. Pastikan perusahaan EOM telah menguji kualitas produk aman, mulai dari komponen bahan hingga kemasan yang digunakan.

Bahan atau formulasi untuk membuat produk kosmetik tentu tidak boleh sembarangan. Formulasi produk perlu dilakukan tahapan uji coba yang ketat, sehingga produk terbukti aman diaplikasikan pada kulit dan tidak menimbulkan iritasi atau kerusakan tekstur kulit wajah.

  1. Pertimbangkan variasi produk dan kecepatan produksi

Perusahaan OEM menyusun formula sendiri untuk menghasilkan variasi produk yang beragam. Pilihlah salah satu OEM kosmetik yang bagus dan masing-masing produknya memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, kecepatan produksi juga perlu Anda pertimbangkan. Anda perlu memberikan target khusus terkait produksi agar proses berjalan dengan lebih efektif.

  1. Pertimbangkan harga beli dari OEM

Perusahaan OEM akan mematok harga tertentu untuk produk-produk kosmetik yang ia produksi. Pastikan Anda mendapatkan harga yang murah dan bisa dijual lagi dengan laba yang sewajarnya.

Terkait harga beli produk dari OEM, Anda juga bisa bernegosiasi untuk menentukan harga yang sesuai dan disepakati kedua belah pihak. Terlebih jika Anda ingin membeli dalam jumlah yang banyak, tentu pihak OEM akan memberikan diskon atau bonus.

Itulah empat tips penting memilih perusahaan OEM kosmetik terbaik yang perlu Anda ketahui. Pikirkan dan pertimbangkan hal-hal diatas dengan matang untuk mendapatkan produk kosmetik yang berkualitas demi kelangsungan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.