Cermati Jasa Maklon Skincare BPOM, sebelum Memilih

Industri kosmetik secara global, saat ini berkembang sangat pesat. Tidak hanya kandungan dan manfaat kosmetik yang terus diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang juga terus berkembang, tetapi kita juga melihat bahwa pemilik merek kosmetik kini tidak hanya didominasi oleh industri besar. Banyak tokoh publik dari belahan dunia manapun memiliki merek kosmetik sendiri, termasuk di Indonesia. 

Terjun sebagai Beautypreneur 

Kini Anda dapat menjadi bagian dari beautypreneur seperti para tokoh publik. Ini sebuah peluang usaha yang sangat terbuka luas bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang skincare. Lalu bagaimana cara memulainya? Di era modern ini, kita dipermudah dengan beragam kemajuan teknologi di bidang industri dan komunikasi, termasuk di bidang industri skincare, mulai dari tahap produksi sampai tahap penjualan. Anda dapat memanfaatkan kemudahan- kemudahan ini, tetapi tentunya Anda harus mencermati terlebih dahulu dengan baik. 

Salah satu langkah awal Anda memulai bisnis ini, yaitu bagaimana memproduksi skincare.  Anda tdak perlu memiliki pabrik sendiri terlebih dahulu, tetapi dapat memanfaatkan jasa maklon skincare BPOM. Beragam tawaran jasa maklon skincare di media cetak maupun elektronik. Semua tentunya memiliki keunggulan dan keunikannya masing- masing dalam menawarkan jasa maklon skincare kepada klien atau calon klien mereka. Mari kita cermati jenis produsen kosmetik  dan lingkup jasanya termasuk MOQ (Minimal Quantity Order) 

Produsen Golongan A dan B 

Jasa maklon skincare dapat dipandang sebagai produsen kosmetik. Dari sudut pandang,  ini ada 2 golongan produsen, yaitu golongan A dan golongan B. Industri kosmetik golongan A adalah Industri kosmetik yang memiliki Izin produksi untuk membuat  semua bentuk dan jenis sediaan kosmetik. Golongan A, memiliki minimal satu orang apoteker berkewarganegaraan Indonesia sebagai penanggung jawab. 

Dan golongan B adalah Industri kosmetik yang dapat membuat bentuk dan jenis sediaan kosmetika tertentu dengan menggunakan teknologi sederhana.  Golongan B, minimal memiliki satu tenaga teknis kefarmasian berkewarganegaraan Indonesia sebagai penanggung jawab teknis. Untuk golongan B tidak diperkenankan untuk memproduksi jenis sediaan untuk bayi, dan yang mengandung bahan antiseptik, anti ketombe, pencerah kulit dan tabir surya.  

Lingkup Jasa Maklon Skincare 

Sebagai gambaran umum, Anda perlu mempertimbangkan atau mendiskusikan lingkup jasa maklon skincare BPOM dan MOQ yang diisyaratkan oleh mereka. Hal ini akan saling timbal balik dengan kesiapan modal Anda dan strategi Anda dalam memasarkan produk skincare.  

Untuk lingkup jasa maklon skincare, cermati  apakah Anda mendapat layanan atau dukungan saat awal mendiskusikan konsep, menentukan formula kosmetik yang akan diproduksi, pembuatan sample, review sample dan produksi kosmetik untuk diedarkan, pengajuan ijin ke BPOM, diskusi tentang kemasan menarik untuk produk kosmetik Anda? Dan yang juga tak kalah penting adalah apakah ada dukungan mentoring pasca produksi atau penjualan skincare Anda? 

Leave a Reply

Your email address will not be published.