Jangan Asal Beli Perhatikan 5 Hal Sebelum Membeli Produk Dari Produsen Baja Ringan

Apakah saat ini Anda sedang mencari produsen baja ringan untuk memenuhi kebutuhan bangunan? Cukup banyak yang menjual baja ringan di pasaran namun Anda perlu waspada, meski terlihat sama ternyata kualitas baja ringan cukup sulit dibedakan ketika dilihat secara kasat mata. 

Ketebalan

Agar tidak salah pilih Anda perlu memperhatikan kualitas dilihat dari ketebalan produk, apakah ketebalan baja ringan sudah sesuai ketentuan produk SNI, jika perlu Anda bisa mengukur baja ringan menggunakan mikrometer untuk mengetahui hasil ketebalan yang sesuai, jadi pastikan sebelum membelinya Anda perhatikan beberapa hal berikut agar tidak tertipu kualitas abal-abal.

Berlabel SNI

Bukan hanya ketebalannya saja Anda harus mempertimbangkan produk baja ringan yang sudah mencantumkan label SNI, label tersebut bukan hanya sekedar label biasa karena adanya label SNI dapat lebih meyakinkan pembeli akan mutu dari baja ringan, tidak sedikit produk yang masih belum berlabel SNI padahal dengan label SNI menandakan produk baja ringan memang berkualitas.

Tegangan Maksimum

Selain dua hal di atas jangan lupa untuk menilai tegangan maksimum dari baja ringan yang akan dibeli, produsen baja ringan akan menunjukkan setiap produk baja ringan yang memiliki tegangan maksimum saat ditarik, maksud dari tegangan maksimum adalah ketahanan suatu produk ketika ditarik atau diregangkan sebelum patah, standar tegangan maksimum dari baja ringan minimal 550 Mpa, jadi bisa dikatakan baja ringan tersebut kokoh menahan beban.

Garansi

Setiap membeli produk Anda tentu akan mempertimbangkan garansi, bukan hanya produsen produk elektronik saja yang menawarkan garansi tapi ada juga produk baja ringan yang memiliki garansi, ada tidaknya garansi cukup penting bagi konsumen sebelum membeli produk karena konsumen bisa lebih tahu akan jaminan kerusakan.

Kode Massa Lapisan

Hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam memilih baja ringan adalah kode massa lapisan, jika produk baja ringan sudah mencantumkan label SNI berarti produk juga akan tertera kode massa lapisan atau coating, seperti misalnya produsen baja ringan menggunakan kode coating minimal AS atau alumunium seng 70 maupun 100.

Leave a Reply

Your email address will not be published.