Empat Manfaat Ketika Anda Menggunakan Kredit Usaha Rakyat

Beberapa orang memutuskan untuk menggunakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat daripada meminjam kepada pihak rentenir karena banyak manfaat yang didapatkan. Terlebih soal bunga yang dibebankan kepada pihak peminjam juga lebih bersahabat KUR daripada rentenir. Nah beberapa manfaat dari menggunakan layanan KUR adalah sebagai berikut ini.

Jumlah limit pinjaman yang cukup besar

Manfaat yang pertama dari menggunakan pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah limit pinjaman yang relatif lebih besar. Dimana tak semua tempat mampu memberikan layanan pinjaman dengan jumlah limit tergolong besar. Mungkin ada yang menyediakan limit besar namun dengan pemasyarakatan yang memberatkan pihak peminjam.

Untuk jumlah limit yang dimiliki oleh KUR adalah mencapai 500 juta Rupiah. Dengan jumlah tersebut Anda bisa mengembangkan usaha UMKM dengan lebih mudah. Bahkan mungkin pihak bank tak akan memberikan jumlah limit tersebut. Namun khusus KUR, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dana dengan jumlah besar.

Bunga rendah

Salah satu kendala atau beban dalam mengajukan pinjaman mungkin adalah dari segi bunga yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman kepada pihak peminjam. Beberapa orang terkadang menggunakan pinjaman dari bank. Namun tetap saja bunga yang dibebankan terbilang cukup besar.

Ada juga yang berlari ke rentenir, namun tetap saja bunga yang dibebankan juga lebih besar. Meski pada dasarnya dibandingkan dengan instansi lainnya, pihak rentenir akan memberikan kemudahan proses pencairan dana. Tapi jika dihitung dengan teliti, bunga yang ditawarkan juga terbilang cukup besar.

Oleh karena hal tersebut pemerintah memutuskan mengeluarkan suatu program KUR yang diperuntukkan khusus untuk pelaku usaha UMKM. Pada pemilik usaha UMKM bisa dengan bebas melakukan pengajuan pinjaman dengan bunga rendah namun limit yang diberikan cukup besar.

Tenor lebih bersahabat

Biasanya ketika Anda memutuskan mengambil pinjaman di bank. Maka tenor atau jangkauan waktu angsuran yang diberikan memiliki kisaran antara 1 hingga dua minggu. Sedangkan untuk pinjol biasanya berlaku mulai 2 minggu hingga 2 tahun lamanya.

Untuk KUR sendiri memberikan lama angsuran atau tenor hingga mencapai 5 tahun lamanya. Hal ini juga akan ditentukan dengan pilihan limit yang digunakan oleh pihak peminjam. Yang mana Anda juga harus tahu jika penyedia layanan KUR akan memberikan kebijakan lama pembayaran yang berbeda-beda.

Persyaratan mudah

Dari segi persyaratan juga begitu muda dalam proses pengajuan pinjaman KUR. Anda tak perlu bingung untuk melakukan proses peminjaman jika persyaratan yang diberlakukan mudah, tenor bersahabat, limit besar serta bunga yang dibebankan juga mudah.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan adalah seperti fotokopi KTP, KK, serta NPWP. Selain itu, Anda juga wajib memiliki dan membawa Surat Keterangan Usaha (asli), pas foto 4×6, dan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah).

Nah itulah beberapa manfaat yang didapatkan ketika Anda memutuskan menggunakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.